Senin, 24 Oktober 2016

Sejenak Bernostalgia! Gaya Hidup Remaja Tahun 90an Dengan Remaja Masa Kini

  Tidak ada komentar
Gaya Hidup Remaja Tahun 90an Dengan Remaja Masa KiniGaya hidup merupakan gambaran bagi setiap orang yang menggambarkan seberapa besar nilai moral orang tersebut dalam masyarakat di sekitarnya dan bagaimana cara orang tersebut hidup. Sebagian besar remaja zaman sekarang itu menyalahgunakan gaya hidupnya, apalagi remaja-remaja yang hidup di kota metropolitan. Dan bukan hanya orang-orang di kota metropolitan saja yang mengikuti trend mode di zaman sekarang dahkan di perkampungan dan pedesaan pun banyak yang mengikutinya selagi mereka menanggapi hal itu dengan negatif.

Masa-Masa Tahun 90an Yang Bikin Nangis Kalau Diinget :(

Tahun 90-an merupakan tahun dimana kita mulai mengenal berbagai hal dan teknologi yang ada di Indonesia. Tidak seperti tahun 2016 sekarang yang dimana anak kecilpun sudah bermain iPad dan sudah memegang ponsel Bebe, bagi kita yang hidup dari tahun 90-an pastinya kita kental akan berbagai hal unik dan bahkan teknologi game seperti gimbot.

Gaya Hidup Remaja Tahun 90an Dengan Remaja Masa Kini

Tidak seperti tahun sekarang dimana teknologi menguasai kehidupan, tahun 90 merupakan tahun yang asik dimana kita bisa saling berinteraksi dengan teman tanpa harus memegang hape, mengirim surat dan bahkan telpon menggunakan telpon koin. Sungguh masa-masa yang sangat indah dan rasanya ingin sekali kembali lagi. Nah hal apa saja sih yang kalian kangenin dari tahun 90-an ? 

1. Meniru potongan rambut Ala Bla tengah


Tahu foto diatas? Ya anak tahun 90-an pasti tau nih siapa diatas. Dia adalah Jimmy Lin. Artis asal Taiwan ini menjadi cerminan anak tahun 90-an karena gaya rambut bla tengah. Anak tahun 90-an pasti ga jauh-jauh dari model rambut ini, hayoo siapa yang dulu meniru? 

2. Main Gimbot Ajaib


Gimbot sakti ini cuma ada ditahun 90-an sob. Kok sakti sih? Hayo anak 90-an tahu nih apa yang sakti dari gimbot yang satu ini. Coba kalian bermain gimbot yang satu ini dengan skor jeblok, pasti gimbot ini langsung ngomong "BEGO LO", "OKE JUGA LO".


Ditahun 2016 ini mana ada gimbot sesakti ini, yang bisa ngatain kalian seenak jidat. Bermain game sekaligus mendapat ocehan dari gimbot dewa, cuma anak 90-an yang sudah merasakannya. Hampir semua anak jaman 90-an punya gimbot. Walaupun tampilannya cuma kotak-kotak dan suarau 8 bit, dulu itu udah asik banget! 

3. Nonton Film Kamen Rider, Bobo ho dan Teranjung dan Power Ranger



Ini nih yang ga lengkap dari anak tahun 90-an, ga lengkap kalo ga nonton film kstaria baja hitam, bobo ho dan iya TERSANJUNG. Film Tersanjung ini nih yang menjadi pelopor sinetron Indonesia. Serial yang yang "ga pernah tamat" menjadi film khas anak 90-an yang udah mulai mengenal sinetron. Film ksatria baja hitam yang menjadi favorit anak tahun 90-an juga mempelopori film Jepang lain kayak Ultraman ikut masuk ke Indonesia.

Kalo uda hari minggu, film Kamen Rider dan Power Ranger pasti menjadi tontonan wajib dirumah. Nunggu jam 9 pagi buat ngeliat aksi Power ranger melawan monsternya yang rada blo'on. Setiap power ranger malakukan pose, pasti diiringi sama ledakan diblakang. Sungguh luar binasa.
4. Berbagai makanan jadul (Beli coklat payung Permen kaki, anak mas, dll)



Kalo inget makanan tahun 90an rasanya lebih asik ketimbang makanan sekarang. Coklat payung yang dulu dijual Rp. 400 uda dapet 4, permen kaki Rp. 200 uda dapet 2, itu masa-masa yang indah kalau dikenang.
 
Selain doklat payung, coklat ayam,  Selain makanan coklat n permen, hayo favorit mi di tahun 90-an ada yang inget? Yap, mie anak mas yang bisa langsung dimakan ini nih yang menjadi jajanan favorit dulu.

5. Main Gimbot Berjamaah


Masih inget main gimbot dengan game koboi didalamnya? Ini dia game ala tahun 90an yang bikin kangen. Jika dibandingkan dengan game-game sekarang, pastinya game jadul kayak dulu memang sangat jauh berbeda. Tapi jangan salah, semua game berawal dari gimbot tersebut loh. Abang-abang yang setiap hari nongkrong didepan sekolah dan kita menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk bermain gimbot abang-abang itu. Soal duit? Cukup bayar GOCAP uda bisa main sejam. Coba rental warnet boro-boro gocap, tiga ribu aja cuma sejam. Uda gitu main dengan keluar kata-kata kotor segala, dan yang lebih parah lagi bolos untuk main warnet. duuh anak jaman sekarang ya? Kita donk anak tahun 90-an, anti yang namanya BOLOS! Main game? Sepulang sekolah aja.

6. Main Gundu, Yoyo, Karambol, Congklak, dan layangan







Main game ini memang ga kenal umur. Kalo uda musimnya, permainan tradisional ini pasti jadi lahan rebutan. Koleksi ribuan gundu sampe gundu putih, merah, sampe gundu susu. Kalo cuaca lagi panas, layangan jadi pilihan nomor 1 buat ngadu.

Semakin sakti dan tinggi layangan, makin banyak lawan diudara yang siap ngadu. Kebayang ga sih game ini bakal ada lagi di tahun sekarang? Tentunya ga bakal ada.

Biarpun game ini terkesan jadul, suasana kebersamaan yang kental membuat anak tahun 90an punya banyak keahlian. Jika dibandingkan sama game skarang yang berasal dari teknologi canggih, ga ada seru-serunya bahkan tantangannya ya ga ?

7. Ngumpulin Koin Buat Main Dingdong Dan Nelpon Di Telpon Umum.



Jaman dulu koin itu berharga banget! Selain buat kerokan, koin juga bisa buat nelepon dan main dingdong loh. Koin gocap sama cepe itu paling banyak dikoleksi orang. Ga kaya sekarang dimana orang nemu koin main buang aja. Ditahun 90an kekuatan koin sangat sakti mandraguna. Kalo kita punya koleksi koin, paling enak ngabisin waktu seharian maen dingdong.
web hosting indonesia

Game kayak Contra, Street Fighter, Mortal Kombat adalah game pertama yang ga bakal kita lupakan di tahun 90-an. Ada disini yang uda pernah namatin Kontra ?

8. Belajar gitar pake MBS


Ga ada yang namanya dulu kursus privat gitar. Ga kyk jaman sekarang dimana-dimana uda kesebar les musik piano, gitar, dll. Jaman dulu taun 90-an, MBS jadi buku panduan buat blajar gitar. Kalo lagi senggang, sambil ngerokok, ambil MBS pegang gitar jadi deh blajar otodidak. Biarpun belajar sendiri, nyatanya anak tahun 90 an hebat main gitar ketimbang anak jaman sekarang yang les privat. Kalau sekarang bukan MBS lagi, semaki banyak majalan gitar yang tersebar bahkan mengikuti jejak MBS. Tetapi tetap anak tahun 90an is the best soal gitar.

9. AMKM


Hayo masih inget dengan kata-kata diatas? Banyak nih anak-anak 90an yang ngeplesetin kata-kata diatas jadi kata yang ga bener. Anda mandi kami mengintip, Anda makan kami minta, Anda mati kami menertawai, halaah banyak banget deh pokonya. Tapi tau ga sih sebenernya apaitu AMKM, naah ini nih yang mungkin hanya anak 90an tau.

AMKM (anda meminta kami memutar) itu acara tahun 90an yang populer dan disiarkan di TPI. Acara yang dulu lg hot2nya (duuuh, jeng rina gunawan, masyii kuruuuus bgt). Ibarat request lagu sekarang di radio, AMKM jadi acara pelopor pertama loh. 

10. Happy Banget Nonton Film Si Doel Anak Sekolahan

"Anak betawi, ketinggalan jaman, katenyee!!" Salah satu film indonesia tahun 90an yang menjadi film fenomenal sepanjang masa.
Kisah kehidupan si Doel menjadi tontontan sehari-hari kita ditahun 90-an. Film ini juga menjadi film yang amat menginspirasi banyak keluarga dan terkenal sampai ke negeri belanda.


OMG Jika mengenang film Si Doel, rasanya ingin sekali kembali ke tahun 90an. Aksi dari Si Doel, mas Karyo, Mandra, Atun memang ga pernah bisa dilupain. Mungkin anak jaman sekarang ga semua tau bahwa tahun 90an pernah ada film sebagus ini. Memori akan kenangan si Doel emang ga bakal pernah ilang.

Gaya Hidup Remaja Masa Kini Yang Dibilang Kekinian
Remaja zaman kini itu selalu dikaitkan dengan teknologi. Banyak di sekitar kita wanita yang memakai celana pendek di depan umum yang di ajarkan dalam ajaran islam yaitu harus menutup aurat kecuali telapak tangan dan muka bagi seorang wanita yang beragama islam.

Sebagian besar mereka lebih mengikuti trendmode di masa kini, seperti contohnya berpakain seperti orang luar negeri dan bergaya kebarat-baratan. Yang kita tahu bahwa trend mode yang ada di luar negeri itu menyimpang moral. Sedangkan Negara Indonesia terkenal dengan kesopanan dan budi luhurnya. Kalau kita menanggapi hal ini dengan negatif maka akan berdampak negatif juga untuk penerus kita selanjutnya.

Contoh yang dilakukan orang luar negeri seperti bermabuk-mabukan bahkan banyak remaja terutama kaum adam di zaman sekarang yang sudah minum-minuman keras bahkan narkoba. Mereka beranggapan bahwa jika tidak mengkonsumsi barang tersebut maka ia akan dinilai sebagai remaja yang ketinggalan zaman atau tidak gaul.

Ini salah satu contoh yang salah atau tidak baik, karena kalau mereka mengkonsumsi barang-barang haram tersebut bias merusak kesehatan mereka apalagi mereka dalam tahap perkembangan terutama bagi pengguna narkoba, dampak negative dari penggunaan narkoba adalah dapat mengalami gangguan syaraf pada otak yang tidak berjalan sempurna dapat mengalami gangguan mental.

Kecanggihan teknologi saat ini pun berdampak pada gaya hidup. Saat ini, para remaja lebih menyukai budaya luar daripada budaya sendiri. Oleh karena itu, gaya hidup mereka pun rata-rata mengikuti budaya barat. Contoh yang nyata seperti adanya pergaulan bebas, laki-laki yang meniru gaya perempuan dan juga gerakan badan dan ucapan.


Keberadaan media memang tidak lepas dari kepentingan pasar. Dengan demikian, kalau kita tidak selektif terhadap pesan media, kita akan menjadi korban media. tidak salah memang ketika kita membeli sebuah produk berdasarkan informasi dari media. Namun, yang perlu diingat, seberapa perlu produk yang kita beli itu bagi diri kita. Apakah kita memang membutuhkan produk itu ataukah karena kita terpengaruh oleh iming-iming yang disampaikan oleh media. Tidak ada salahnya memang untuk tampil menarik seperti yang banyak diiklankan di media, dengan sebagian produk yang ditawarkan untuk membantu mewujudkan impian itu.

Juga merupakan sesuatu yang wajar untuk pergi berbelanja membeli barang-barang kesukaan. Namun, yang mesti kita ingat, jangan memaksakan diri. Kalau kita ikuti perkembangan mode pakaian, misalnya, kalau tidak pantas, ya tidak usah dibeli, sebaiknya kita sesuaikan dengan diri kita. Singkatnya sih tidak harus mengikuti tren yang ada, tetapi yang penting nyaman di tubuh kita. Pokoknya yang penting kita percaya diri, nyaman dengan diri sendiri, menerima apa adanya, love yourself. Bahkan, akan lebih oke lagi kalau kita bisa menunjukkan kelebihan-kelebihan kita yang lain.

Untuk itu di zaman yang serba modern ini, mari kita sebagai penerus bangsa Indonesia harus memajukan bangsa terutama dalam kebudayaan karena Negara Indonesia yang terkenal akan kayanya kebudayaan. Hindari hal-hal yang berdampak negatif, boleh kita mengikuti gaya kebarat-baratan asalkan itu mengandung nilai yang positif.

 

"Do Not Be Tired To Seek Knowledge And Share Because Everything In The World Is In Need Of Science, If There Is No Science Then We Are Alone With The Dead, Will Not Be Able To Do Anything."

Tidak ada komentar :

Posting Komentar