Jumat, 04 November 2016

30 Hal Kesalahan Fatal Terbesar Para Blogger Pemula Indonesia Pengguna Blogspot

  Tidak ada komentar
Kesalahan Fatal Terbesar

30 Hal Kesalahan Fatal Terbesar - Bebas berinspirasi ataupun berinovasi namun ada juga batasannya yaitu blogging. Dalam istilah Blogging atau mengelola website kita dibebaskan untuk menulis, membaca, berinovasi, berkreasi, berinspirasi, mencari jodoh #EH , menjomblo #EH (Saya Jomblo), membuat artikel, menganalisis, berinteraksi, sharing, optimasi blog bahkan mencari duit dari blog, semua itu diperbolehkan. Namun apakah kamu tahu aturan dalam dunia internet terutama aturan saat menjalankan Blog. Jangan kita kira dunia internet yang kita kenal ini tidak mempunyai undang-undang. semua ada batasan yang harus kamu terapkan agar Blog atau website kamu aman dari kata buruk untuk seo dan parahnya kena pinalti dari mesin pencari, ini hal yang fatal sekali.
Dalam menjalankan Blog kita harus mempunyai ciri khas sendiri dan juga ide sendiri tidak harus meniru website orang lain. Kalau kamu ingin sukses dan mapan dalam mengelola website haruslah mulai berbenah diri sebelum blog kamu menjadi sukses. Banyak orang gagal dalam menjalankan blog itu dikarenakan mereka enggak sanggup untuk real time atau sukanya hanya terburu-buru.

Dipostingan ini yang saya buat dengan penuh ketulusan hati dan kebersamaan antara hal yang berbeda ataupun sama serta kesedihan yang mendalam akibat di PHP in sama cewe cakep #apasihEnggakNyambung. Okeh Postingan ini saya berbagi Kesalahan Fatal Para Blogger Indonesia terutama pengguna Blogspot. Kesalahan fatal ini bukan Cuma 5 , 10, 15, 20 tapi 30 !! Berikut 30 Hal Tersebut :

1. Konten Blog Hasil Copy Paste

Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah membayangkan bagaimana perasaan seorang penulis blog mengetahui bahwa salah satu artikelnya dicuri tanpa permisi dan tanpa mencantumkan link sumber artikelnya. Tentu saja akan sangat menyakitkan kaya saya sakit banget di PHP sama #Dia #ehh (sedih), apabila dengan susah payah dia telah mencurahkan seluruh ide/gagasan, perasaan, observasi yang dikumpulkan sebagai modal dalam menuliskan artikel tersebut.

Boleh saja seorang blogger bilang, "Ah itu sah-sah aja kali, Ngapain Sih Diributin ? " Bahkan ada komentar yang kamu terima di blog ini yang isinya : "ahh elah kamu pelit banget sih jadi master heuhh" Kamu hanya bisa menggelengkan kepala, dan karena tidak ada nama (Anonymous) dan tanpa link, komentar tersebut kamu hapus. Pelit? Kalau di logika, siapa yang pelit, kamu sebagai penulis artikel asli yang telah dia kopi tanpa permisi, atau dia yang telah copy-paste artikel tanpa ijin dan tanpa memberi link back? Kamu kira, jawabannya telah jelas dengan sendirinya. Artikel yang tidak asli memiliki konsekuensi besar terhadap kredibilitas pemilik blog, karena jika tidak ada penguasaan dan pemahaman yang cukup, dan secara etika salah, maka pengunjung pun akan menilai yang sesuai kok. Percaya lah. Dan pertanyaanya,  seberat apa sih memberikan link sumber ?

Konten Copy Paste tidak akan membawa kamu menuju kesuksesan, karena konten copy paste sudah banyak dikenal sebagai website yang tidak mempunyai reputasi dalam menjalankan Blog. Bagi kamu yang masih suka dengan konten copy paste jangan harap akan sukses dalam menjalankan blog. Karena dengan konten yang tidak oroginal bisa dikatakan kalau hal ini adlah pembajakan. Sanksi dalam internet sangat keras sekali. Kalau tidak di index mungkin blog kamu akan dihapus oleh mesin pencari terutama Google. Itu sudah pasti. Kalaupun sekarang konten kamu masih berada dibarisan SERP barisan pertama bisa kamu tunggu kapan fenomena ini akan terjadi. Hal-hal yang memalukan ini jangan kamu teruskan kalau mau sukses.


2. Jangan Terlalu Mengejar Uang Dari Blog

Siapa yang tidak suka uang? Pasti tidak ada. Akan tetapi, jika blogging semata-mata hanya untuk uang, maka inti dari kegiatan blogging itu sendiri dapat rusak. Bayangkan jika seorang bloger hanya berbicara tentang uang, uang, dan uang di dalam blognya tanpa ada satupun artikel yang menarik dalam hal lain, tentu saja pengunjung akan bosan. Motivasi untuk uang, sah-sah saja. Tetapi jangan sampai kamu terpaku pada itu dan melupakan semuanya, bahwa hakikatnya blogging adalah menuliskan sesuatu yang menarik di dalam blog. Hindari mengisi seluruh bagian blog dengan hal-hal yang hanya berbau monetisasi karena akan sangat mengganggu pkamungan dan juga memperlama waktu loading blog. Sesuatu yang menghasilkan uang bukan melulu tentang uang itu sendiri, namun banyak hal kreatif lainnya, termasuk artikel yang kreatif.

Bisa dikatakan hampir semua Blog 60% - 70% mengejar uang. Memang uang dari blog menjanjikan namun bukan berarti kalau ngeblog berniat untuk mencari uang. Kalau memang website atau blog kamu dibidang bisnis tidak jadi masalah karena tentu akan menelan biaya yang tidak sedikit untuk menjalankan blog kamu. Namun yang kami bahas adalah blog dengan layanan gratisan. Sudah gratis malah mengejar uang. Heemm, apa hal ini pantas untuk mengejar uang dari blog. Kita harus berfikir jauh. Kalau blog kita sukses uang akan datang sendiri jangan sampai ngotot untuk terus dikejar.

Kebanyakan para blogger pemula, profit oriented mungkin menjadi tujuan awal dalam membuat blog, walaupun banyak juga yang tidak berfikiran seperti ini. Seperti misalkan berfikiran untuk mendapatkan uang banyak dari blog. Penyakit inilah yang sering kali menjangkiti para blogger yang baru saja membuat blog. Kebanyakan mereka kurang berfikir kalau sesuatu itu tidak ada yang instan. Semua butuh proses dan sebuah konsistensi.

Biasanya hal ini dilakukan oleh pemula yang belum ngerti tentang blog yang hanya mendengar kalau blog bisa mendapatkan uang. Reputasi ini harus lebih dijaga lagi. Memang semua orang pengelola website atau blog inginkan hal itu namun mereka yang profesional tidak terburu-buru untuk menguangkan blognya. Karena juga dia tahu apa yang harus diutamakan dahulu. Bahan utama untuk jadi blogger itu masih banyak yang harus dipelajari. Kita lihat pakar seo dia tidak berhenti untuk mencari tahu tentang hal-hal yang baru dalam seo untuk clientnya. Semua ini dilakukan bukan uang duluan tapi wawasan dan pengetahuan tentang perubahan apa dalam internet. Itulah mengapa kita tidak harus menguangkan dulu blog nya.


3. Meninggalkan Promosi Blog

Promosi blog perlu sekali untuk memperkanalkan blog kamu terutama website atau blog yang baru dibuat, kalau kita tidak pkamui-pkamui untuk mempromosikan blog maka blog kita akan susah dikenal oleh banyak kalangan. Jadi mempromosikan blog adalah sangat dianjurkan. Mempromosikan blog tak lain tujuannya yaitu mancari backlink untuk membangu otoritas SEO.

Hal ini yag terkadang membuat malas semua pemilik blog. Karena hal ini juga mungkin harus dengan dilakukan manual. Dan tentu juga menjenuhkan. Kalau tidak ingin jenuh akan hal ini kita bisa memanfaatkan pengelola yang lain dalam arti kita tidak harus mengelola blog atau website sendirian. Cari teman yang senasib dan seperjuangan untuk mau mengelola dalam satu blog dengan kamu. Jadi kita tidak harus bersusah payah mengelola blog atau juga mempromosikan blog. Kita bagi tugas untuk teman kita siapa penulis konten, siapa yang mempromosikan blog dan siapa yang harus selalu mengelola blog, dengan kerjasama yang baik kami bisa pastikan kalau blog kamu akan sukses. Karena tidak akan mematikan ide dan juga tidak harus bersusah payah untuk mengelola blog.


4. Menulis Artikel Hanya Untuk Kepentingan Search Engine

Hal yang ini fatal sekali kalau kamu terus mengejar mesin pencari. Pasti blog yang seperti ini akan menjenuhkan dan cenderung tidak ada konten yang relevan. Pengunjung hanya akan seklias saja memkamung blog kamu tanpa mau melihat hal apa saja yang kamu tulis. Yang fatalnya lagi blog atau website kamu akan dihindari terus dan tidak mau membuka website ini. Ini bukan hal yang sepele. Namun ini hal yang harus kamu perbarui agar blog kamu sukses.

Blog yang tidak ramah dengan pengunjung meski mempunyai reputasi baik diserp hal ini percuma saja. Lambat laun blog kamu akan mati dengan sendiri. Tinggal menunggu hari pengunjung akan hilang dan kamu harus gigit jari.


5. Memasang Widget Berlebihan Yang Tidak Berguna

Hal yang harus kamu hindari yang lain adalah penggunaan widget-widget yang tidak ada sangkut paut dengan blog kamu. Hal ini akan memperlambat blog kamu dan dampaknya loading blog akan berat dan otomatis pengunjung akan jengkel karena blog kamu berat saat dimuat.

Mempercepat loading blog sangat diperlukan sekali selain ramah dengan pengunjung, robot bot juga suka dengan hal ini. Jadi ketika blog kamu diupdate robot bot akan crawling habis blog kamu dengan cepat dan akhirnya blog akan terindex lebih cepat pula.

Salah satu faktor yang membuat pengunjung nyaman adalah tampilan blog. Sebuah blog yang terlalu banyak widget justru dapat membuat pengunjung tidak betah. Ada dua alasan dalam hal ini: Pkamungan yang tidak fokus dan waktu loading yang lama. Dalam beberapa artikel sebelumnya kamu telah menyinggung bahwa file gambar dan javascript yang terlalu banyak dan besar ukurannya dapat mempengaruhi page Load Time.

Satu hal yang terkadang sangat mengganggu bagi kamu adalah ketika masuk blog yang menggunakan widget music (mp3), bisa dipastikan membaca artikel membaca artikel menjadi tidak fokus dan loading yang berat pula. Bagi pengunjung yang internetnya pake kuota jumlah file, tentu saja mereka akan lebih pikir-pikir lagi karena membuka blog berwidget musik akan menguras banyak kuota internetnya. Hindari pengguaan widget yang tidak berpengaruh apapun terhadap penilaian pengunjung. Maksimalkan widget untuk fungsi navigasi ataupun social networking. Satu-satunya cara show off yang paling manjur efeknya bagi blog dan blogger, adalah menyuguhkan artikel yang berkualitas.


6. Jadi Blogger Yang Enggak Punya Planning

Sebuah rencana sangat penting untuk segala kegiatan dan pekerjaan, termasuk dalam blogging. Rencana disini bukan berarti sesuatu yang harus kompleks, akan tetapi lebih kepada susunan awal mengenai apa yang dilakukan ketika akan ngeblog, apa yang akan ditulis, apa yang akan disuguhkan kepada pembaca, apa tujuan dari artikel dan seterusnya hingga tujuan dari blog yang dibuat itu sendiri. Planning atau rencana akan menentukan banyak tahapan langkah selanjutnya ketika ngeblog dan membawa konsistensi dan semangat yang kuat. Buatlah rencana sesederhana mungkin dan mulai analisis semuanya hingga mendapat tujuan yang pasti.


7. Menjadi Seorang Blogger Musiman

Menulis artikel adalah suatu kegiatan yang menyenangkan apabila dilakukan dengan tulus. Seperti halnya kamu menulis di buku diary atau catatan sekolah deh, menulis blog merupakan sebuah kreativitas yang yang enggak bisa mengesampingkan hati. Perasaan ketika menulis, emosi yang disampaikan, dan dipadu dengan kekuatan otak akan menghasilkan tulisan yang benar-benar berbicara dan bukan hanya nampak sebagai tulisan, di situlah semangat akan muncul. Menuliskan apa yang dipahami dan merupakan kegemaran akan nampak lebih hidup dan dapat ditulis dengan cepat daripada tulisan yang hanya ditulis karena tuntutan mengisi dan menambah artikel blog.


8. Blogging Tanpa Sosialisasi (Social Networking)

Blogging tidak hanya melulu kegiatan yang berfokus pada menulis di blog tanpa keluar dari "tempurung. Blogging dikenal sebagai salah satu sarana sosialisasi di dunia maya. Sosialisasi ini seperti layaknya jika kita membangun persahabatan di dunia nyata. Kita dapat bermain bersama, berdiskusi, berkomentar, bahkan mungkin juga berdebat untuk mencari suatu jalan keluar. Aktiflah berkomentar di blog lain, mengikuti forum-forum, direktori, social bookmark, komunitas-komunitas blogging dan social network lainnya. Tujuannya bukan untuk membuat eksklusivitas, tetapi lebih kepada pergaulan. Kamu sendiri juga tidak setuju dengan komunitas eksklusif yang membeda-bedakan antara amatir dan professional sehingga seolah-olah ada selebriti dan para fans-nya.


9. Jarang Banget Update Artikel

Blogging adalah tentang menyampaikan pemikiran, informasi, pendapat, solusi, cerita, dan lain sebagainya. Jika blog lama sekali tidak di update, maka bisa dibilang blog bukanlah menjadi pilihan seseorang (yang katanya blogger) untuk menyampaikan hal-hal tersebut. Selain itu, jika suatu blog telah memiliki pengunjung tetap, tentu saja ini akan menyebabkan kekecewaan. Ujungnya nih, search engine juga jadi malas untuk mengunjungi dan melihat kalau-kalu ada update baru. Update artikel semampu waktu kamu, kecuali jika memang ada halangan yang tidak bisa dihindari, dan tentu saja bukan karena "malas". Yang penting jangan sampai berbulan-bulan hingga bertahun-tahun ditinggalkan.


10. Menulis Itu Untuk Pengunjung Bukan Untuk Google

Sebuah blog yang SEO nya bagus tentu sangat menyenangkan. Tapi, jika bagi pengunjung blog tersebut tidak memiliki nilai, tentu perlu dipertanyakan. Apakah motivasi blog itu dibuat? Hanya agar terindeks Google dan memiliki SERP yang baik ? Apakah sebuah blog tidak membutuhkan pengunjung dan memberi isi yang sepadan setelah seorang pengunjung menemukanya di pencarian Google ? Jika hanya untuk bermain keyword, SERP, dan SEO, sepertinya akan banyak mengesampingkan kebutuhan pengunjung itu sendiri, yang merupakan target sesungguhnya dari blog. Buatlah artikel yang motivasinya untuk pengunjung terlebih dahulu sehingga memiliki nilai (Value) yang terbaik. Baru setelah itu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan SEO, baik mengedit keywordnya, melakukan promosi dan link building, dan sebagainya.


11. Salah Menentukan Topik

Jika ingin menjadi Blogger yang eksis dan sukses, sejak awal sebelum membuat Blog adalah harus menentukan topik apa yang harus Kamu fikirkan.


Tentu langkah terbaik yang harus dilakukan dalam memilih topik blog ini adalah menyesuaikan ilmu, bakat, minat dan keahlian atau sesuai Passion.

Banyak sekali hasil pengamatan yang Saya lakukan sejak 2 tahun kebelakang, bahwa rata-rata para blogger pemula indonesia hanya berfikiran atau mempunyai fikiran untuk :


Ahh Mending Gua Meniru Blog Itu Aja Tuh Yang Udah Booming

Misalkan saja tentang "Blogspot". Pasti kebanyakan newbie hanya akan menulis berkenaan dengan masalah "Blogspot" saja. Padahal menurut pengamatan Saya, 10 Blog terbaik di Indonesia tidak ada di antara mereka yang isi kontennya berbicara tentang "Blogging". Jadi, optimalkan bakat menulis dan ide serta keahlian Sobat. Maka akan terbentuk sebuah topik gagasan yang unik dan relefan dengan keahlian Sobat.


12. Salah Pilih Template Blogger

Hal ini sudah sering kali kamu sampaikan. Bahwa langkah selanjutnya setelah menentukan topik adalah memilih Template Blogger yang akan dijadikan tampilan desain serta tata kelola SEO di dalamnya. Tentu hal ini masih teringat dengan bahasan kamu sebelumnya tentang cara memilih template blog yang benar sesuai saran Google.

Kebanyakan para blogger pemula biasanya lebih memilih template dengan tampilan "wah, ngejreng, penuh animasi, dll. Padahal pada faktanya, search engine Google lebih menyukai template yang responsive, SEO, super fast loading dan user friendly.

Dengan template yang sudah memenuhi kriteria saran Google, kita tidak perlu repot-repot memikirkan SEO lebih dalam. Kita hanya perlu fokus pada isi konten yang berkualitas. Jika masih kesulitan untuk membuat konten yang berkualitas, silakan baca pandunnya [klik di sini]. Selain daripada itu, kebanyakan para blogger melakukan cara yang salah ketika melakukan pergantian template. Ingin tahu alasanya kenapa? Berikut ulasan panduan dasar ganti template yang benar.


13. Salah Dalam Tahap Optimasi SEO

Lebih jelasnya point keempat ini, silakan baca dan pahami artikel tentang optimasi SEO dan atau mungkin kamu belum tau Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) ? , dan Teknik SEO 3T (Terbaik Terpercaya Terbaru), Silahkan kamu baca pada artikel tersebut untuk lebih jelasnya mengenai SEO karena di Artikel ini saya tidak akan membahas Lengkap mengenai SEO.

14. Selalu Melakukan SPAM

SPAM di sini tergolong tindakan yang sangat merugikan diri sendiri Sob. Karena Google dengan jelas sangat membenci aktifitas spam. Spam biasanya dilakukan oleh para blogger pemula dengan tujuan untuk mendapatkan backlink guna meningkatkan trafik di dalam search engine.

Apakah Benar Dengan Melakukan Aktifitas Spam Bisa Meningkatkan Backlink Saya ?

Yang terjadi adalah sebaliknya keles. Blog yang kamu buat bisa-bisa akan dibanned oleh Google dan Lainnya. Sudah membuat artikel dengan susah payah (bagi yang tidak copas), eh malah tidak ada satupun pengunjung karena terbanned dari index mesin pencari. Rugi Gak? Rugi Kan ?.

Para blogger pemula cenderung ingin mempromosikan blognya dengan cara melakukan komentar SPAM, hal ini sangat merugikan orang lain yang blognya di berikan komentar SPAM, selain itu kamu juga akan rugi, karena para blogger tidak akan mau berteman dengan blogger yang suka menebar SPAM kesana sini.

15. Gonta-Ganti Template

Hal ini (dulu) sering kamu lakukan. Karena ya memang belum tau dampak negatif dan postifnya. Namun, setelah melakukan berbagai diskusi, tidak sepenuhnya benar jika melakukan pergantian template berakibat buruk. Bahkan malah terjadi sebaliknya.

Kalo Kamu Udah Menemukan Template Yang Kualitasnya TOP Markotop Dan Sesuai Dengan Saran Google, Maka Fokus Saja Dengan Kualitas Konten.

Mengganti template memang kerap sekali di lakukan oleh para blogger, terlebih blogger pemula, seperti yang kamu lakukan sampai detik ini, alasan kenapa seorang blogger sering mengganti template adalah karena merasa tampilan blog yang dimiliki kurang menarik, adanya iming-iming template yang katanya seo friendly, fast loading, paling Seo, paling ringan, sudah responsive, cocok untuk jenis iklan tertentu, dan berbagai macam kelebihan yang lainnya.

Kamu sendiri sudah puluhan bahkan ratusan kali mencoba-coba segala template yang katanya paling SEO, Fast Loading, Responsive Banget, dan What Ever dah, dalam pengalaman memang beberapa template yang pernah kamu coba ada beberapa template yang memang memberikan pengaruh pada blog yang kamu kelola, contoh setelah memakai template tertentu jumlah penayangan blog meningkat, namun ada saja kekurangan dari template gratisan, seperti loding blog cepat tapi jumlah penayangan blog kecil, loding lambat tapi jumlah penayangan meningkat, atau loading cepat tapi tata letak kurang sesuai keinginan, bahkan loding blog super cepat serta tampilan mantap tetapi pengunjung sepi, dan lain-lain.

Tetapi terus terang saja, kamu belum pernah menggunakan template premium atau template berbayar, ya maklum saja pendapatan dari blog yang kamu kelola masih belum cukup untuk membeli template, dan saran kamu untuk kamu yang baru memulai blogging, khususnya pengguna blogspot, untuk masalah template sebaiknya menggunakan template bawaan blogger saja, atau memilih template secara pelan-pelan saja alias jangan terlalu sibuk dengan urusan mengganti template, atau jika punya uang lebih untuk masalaha template serahkan saja pada ahli nya, yaitu dengan cara membeli template atau dengan kata lain menggunakan template premium, yang selanjutnya hal terpenting yang harus dilakukan blogger adalah fokus untuk membuat artikel yang berkualitas.

16. Tidak Mau Belajar SEO

SEO merupakan "pegangan" wajib bagi seorang blogger. Jika ingin bersaing dengan jutaan para blogger lain, maka mutlak dan wajib bagi blogger sejati untuk belajar SEO. Tidak sekedar ngeblog aja ya. Akan sangat percuma jika menulis begitu banyak, namun tidak ada satupun orang yang berkunjung bahkan membaca tulisan kita. Itulah salah satu panduan SEO yang wajib dipelajari.


Apa konsistensi seorang blogger ? Ya Mencari Inspirasi dan menulis. Belajar da terus belajar Tidak lupa pula untuk melakukan promosi terhadap semua hal yang Dia tulis.

Hal itu tidak salah dan malah kamu bener kan ?. Pecuma juga dong jika sudah mengeluarkan banyak waktu namun nihil hasilnya ? Benarkah demikian ?

Kamu sendiri kurang memikirkan masalah profit. Sedari awal kamu tanamkan untuk mencoba "belajar" menulis yang baik dan disukai pembaca. Seperti pepatah kamu jadikan motivasi.

Janganlah berfikiran untuk mendapatkan uang, namun fikirkan dan laksanakan bagaimana cara mendapatkan uang yang akan dengan sendirinya.

17. Tidak Suka Diskusi Dengan Blogger Senior

Hal inilah yang "mungkin" belum dilakukan pemula. Padahal ya..


Cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan sering melakukan diskusi (blogwalking) dengan para blogger profesional.

Dengan aktifitas diskusi dengan para Master Blogger, tentu selain menambah ilmu ngeblog juga mendapatkan backlink yang berkualitas. Tidak sekedar nyepam lho ya. Kalo kata pepatah mah gini..

Sekali Dayung Dua Pulau Terlampaui.

18. Terburu-Buru Untuk Publikasi Postingan

Dengan alasan mengejar target untuk memperbarui postingan, tidak jarang blogger sering mengklik publish sebelum benar-benar memastikan postingan tersebut layak atau tidak untuk dikonsumsi orang lain. Padahal, ada banyak hal yang harus diselesaikan sebelum postingan dipublikasikan. Diantaranya, ejaan kata, adakah kesalahan ketik tiap hurufnya, tata letak gambar yang ditampilkan, posisi interval jarak antar paragraft, alur bahasa penyajian, dan masih banyak yang lainnya.

Jika memang tidak memiliki banyak waktu, sisihkan 5 menit setelah selesai membuat postingan. Lalu diam, atau mengalihkan perhatian ke aktifitas lainnya, kemudian setelah itu baca lagi artikel tersebut. Hal ini untuk merefresh pikiran. Namun jika memang memiliki cukup waktu, diamkan artikel tersebut, lalu buat aktifitas lain, misal membenahi template, mengatur layout, atau bisa pula mematikan komputer beberapa saat, lalu artikel tersebut kembali dibaca. Intinya adalah, sisihkan waktu untuk mengulangi membaca postingan.

19. Menggunakan Jingling

Jingling adalah sebutan untuk sebuah software yang mampu membuat blog mengalami peningkatan Traffic. Namun perlu kamu tahu, Traffic yang dihasilkan dari Jingling bukanlah Traffic alami, melainkan BOT.

BOT itu apa sih ?

Bot adalah sebutan untuk false visitor yang dihasilkan dari sistem sebuah server untuk mengunjungi sebuah situs . Google juga menggunakan bot untuk melakukan crawl untuk blog kamu agar artikel di blog kamu dapat terindex ke sistem mereka, namun berbeda dengan bot google, bot yang dihasilkan dari jingling sama sekali tidak berguna! Memang, jika kamu menggunakan jingling, traffic blog kamu akan mengalami peningkatan dalam beberapa waktu tertentu, namun apa yang kamu lakukan tersebut tidak akan berpengaruh pada SEO! Ditambah lagi, traffic hanya mengalami peningkatan ketika kamu menggunakan software jingling, ketika kamu tidak menggunakannya, traffic blog kamu akan kembali seperti semula.

20. Terlalu Terfokus Kepada Alexa PageRank

Seperti yang kamu tahu, Alexa Rank adalah sistem pemberi rangking terpopuler dan paling sering digunakan para blogger untuk mengetahui seberaba besar ranking blog yang mereka miliki. Banyak orang yang berfikiran, semakin besar alexa rank sebuah blog, semakin banyak juga traffic yang akan didapat. Namun kamu salah, Alexa rank sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan SEO, tentu saja, Alexa juga tidak mempengaruhi SERP (Search Engine Results Page) sebuah artikel/blog. Alexa merupakan perusahaan luar yang tidak 1 perusahaan dengan Google, dan Alexa dengan jelas jelas sudah menjelaskan bahwa mereka adalah perusahaan pemberi ranking pada sebuah situs/blog, tidak lebih dan tidak kurang. Peringkat Alexa Rank akan bertambah sesuai dengan banyaknya visitor dan pageview yang dimiliki blog kamu.


21. Selalu Cek Skor SEO Template Blog di CHKME

CHKME adalah sebuah situs yang digunakan untuk melakukan banyak kegiatan terkait optimasi SEO, dan salah satu layanan yang populer di situs tersebu adalah pengecekan SEO template blog. Namun perlu kamu tahu, mengecek skor SEO template blog di chkme benar benar merupakan sebuah kegiatan yang cuma menghabiskan waktu saja. Kenapa Begitu ?

Dalam dunia SEO, Google tidak hanya menilai SEO template-nya saja, banyak pertimbangan yang dilakukan oleh Google (yang mungkin banyak tidak kita tahu) untuk mengurutkan blog blog hingga muncul di halaman pertama Google. Selain itu, hasil yang dihasilkan dari situs chkme menurut saya tidak akurat. Walaupun kamu berhasil menemukan sebuah template yang mendapatkan nilai 100%, saya tidak yakin kamu akan mendapatkan traffic yang setara dengan nilai sempurna tersebut.

Sebagai contoh, silahkan bandingkan nilai skor seo template blog kamu dengan blog blog yang jelas memiliki traffic tinggi, disana kamu akan melihat kenyataan bahwa mengecek skor seo di chkme adalah hal yang cuma menghabiskan waktu saja (hasil, bahkan Google dan facebook-pun dinilai hanya memiliki skor dibawah 60%).


22. Tidak Menggunakan Template Mobile Friendly

Mengingat penggunaan Gadget Smartphone akhir-akhir ini mengalami peningkatan pesat, Google baru-baru ini memperbaharui Algoritma dimana mereka akan memprioritaskan blog-blog yang menggunakan template mobile-friendly. Maka dari itu, jika kamu tidak menggunakan template friendly, persiapkan diri kamu akan penurunan traffic yang drastis. Mobile Friendly atau berahabat dengan tampilan mobile ditentukan dari bisa tidaknya website kamu diakses melalui mobile device. Untuk mengecek apakah blog kamu memiliki template friendly atau tidak, kamu dapat mengecek-nya di link disamping : Google Mobile Friendly Test


23. Penggunaan Bold, Italic, dan Underline Yang Berlebihan

Penggunaan Bold, Italic dan Underline memang dapat meningkatkan seo on-page suatu blog, namun usahakan untuk menggunakan ketiga fitur tersebut dengan baik dan tidak berlebihan. Penggunaan yang berlebihan justru akan membuat blog kamu tidak menarik untuk dibaca, dan lebih cendrung ke arah "menganggu". Gunakan ketiga fitur tersebut hanya disaat diperlukan saja.


24. Terlalu Terobsesi Dengan PageRank (PR), DomainAuthority (DA), dan PageAuthority (PA)

Hal yang sering menjadi pembicaraan diantara para blogger sampai saat ini adalah tentang seberapa tinggi page rank, domain authority, dan page authority sebuah blog. Jika kamu juga merupakan salah satu diantara mereka yang juga memperdebatkan hal ini, ada baiknya kamu untuk berhenti. Perlu diketahui bahwa Google sudah tidak lagi mengupdate Page Rank sejak 2 tahun yang lalu, jadi sampai kapan-pun blog kamu tidak akan mendapatkan peningkatan page rank, seberapa keras-pun kamu mencoba. Untuk Domain Authority dan Page Authority sendiri sampai saat ini masih tetap diupdate, namun ada baiknya kamu tidak memikirkan hal ini, karena DA dan PA akan naik seiring berjalannya waktu.


25. Tidak Menggunakan Google Webmaster Tools

Google menyediakan beberapa tools gratis yang sangat penting untuk keperluan SEO. Salah satu tool yang wajib untuk digunakan adalah Google webmaster tools. Dengan Google webmaster tools kita bisa melihat bagaimana performa blog kita di mesin pencari. Kita bisa melihat blog kita seperti bagaimana Google melihat blog kita.

Jadi sebuah kesalahan besar jika kita tidak memanfaatkan secara maksimal tool yang satu ini.


26. Tidak Menggunakan Teknik Artikel Berantai

Artikel berantai adalah sebutan untuk sebuah artikel yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan membaca 1 artikel saja, untuk menyelesaikan membaca artikel, pengunjung harus membaca artikel lain (yang juga kamu buat). Teknik ini biasanya digunakan dalam blog dengan niche Tutorial, Tips dan Trik, dan SEO, dimana sebuah artikel tidak dapat diselesaikan dalam 1 artikel saja. Menggunakan teknik ini terbukti dapat membuat blog kamu mendapatkan peningkatan pageview dan membuat link-building yang terstruktur.


27. Berfikir Kalau Traffic Akan Meningkat Dalam Waktu Dekat

SEO semakin kesini semakin sulit karena google semakin cerdas. Jadi jangan pernah mengharapkan hasil instan dari SEO karena semua butuh proses. Jadi, jika kamu merasa kalau traffic kamu tidak kunjung mengalami peningkatan, kamu tidak perlu khawatir, karena google mungkin sedang mensortir mana artikel yang layak untuk menempati halaman pencarian pertama mereka. Dan bukan tidak mungkin artikel kamu-lah yang akan ditempatkan pada posisi tersebut.

Umumnya, sebuah blog akan mengalami peningkatan traffic secara drastis pada bulan ketiga, dan itupun tergantung pada seberaba banyak dan kualitas artikel yang kamu miliki.


28. Kurang Piknik

Kesalahan Fatal ke 28 ini merupakan kesalahan yang berakibat terjadinya hal-hal negatif. Kamu pasti tau hal-hal negatif itu banyak, ya kan ?. Jika kamu seorang blogger pemula atau bahkan kamu seorang blogger senior yang udah punya penghasilan lebih besar dari karyawan-karyawan diluar sana. Kalo memang iya, Kamu itu musti piknik dan wajib. Kenapa wajib ? karena kalo seorang blogger (Pemula & Senior) kurang piknik, dijamin kamu bakal susah berfikir kuat, berinsting tinggi, berlogika diluar nalar orang lain, bahkan susah buat mendapat inspirasi untuk bikin artikel-artikel baru yang akan di posting di blog kamu. Percaya gak Percaya, saya sudah membuktikannya dan hasilnya bikin saya geleng-geleng kepala. Kalo kamu enggak mau hal itu terjadi sama kamu. Makanya Gih Sana PIKNIK Dulu !!


29. Jomblo Terlalu Lama

Nah ini nih paling-paling banget dah pokoknya hahaha Kaya Saya Jomblo (HAHAHA Sedih Emaaakkkkk). Masa-masa muda adalah masa-masa dimana kita selalu hidup bebas, tak ada yang menghalangi dan penuh semangat. bahkan kata bang haji rhoma irama "masa muda adalah masa yang berapi-api". masa muda bisa dijadikan sebagai ajang mencari-cari ataupun memilih-milih pasangan hidup sebelum kita menjadikannya sebagai pasangan hidup yang menemani kita sampai akhir nanti.


Namun apa jadinya kalau dimasa muda kita itu, kita malah jomblo alias tidak punya pacar ? Enak atau Tidak ?

Mendengar kata pacar pasti yang terlintas dipikiran kita adalah Cinta. apakah yang jomblo itu tidak mempunyai cinta? belum tentu, cinta itu adalah sebuah anugrah yang diberikan kepada setiap manusia sejak mereka lahir. tanpa adanya cinta mungkin kalian tidak akan ada didunia ini. Mau tau gak apa efek Negatif Jomblo Terlalu Lama ? Baca baik-baik nih dibawah :

Efek Negatif

- Tidak Mendapat Perhatian Khusus

Memang seperti itu kan? nasib dari seorang jomblo adalah tidak mendapat perhatian khusus. sulit memang dijalani namun apabila kita sudah terbiasa maka tidak ada yang salah kalau kita tidak pernah mendapat perhatian khusus.


- Tidak Ada Yang Menyayangi

Manusia hidup didunia ini butuh kasih sayang. bagi anak muda kasih sayang yang diberikan oleh orang tua tidak cukup untuk melengkapi hidupnya. oleh karena itu jomblo merupakan sebuah penderitaan karena tidak ada yang menyayangi kita selain orang tua.


- Selalu Iri Melihat Teman Kita Yang Mempunyai Pacar

Pada bagian ini adalah hal yang sulit memang. melihat teman kita bergandeng tangan dengan pasangannya atau bermesra-mesraan dengan pasangannya membuat kita yang jomblo menjadi iri dan ingin seperti mereka yang sudah mempunyai pasangan.


- Malam Minggu Ngedekem Dirumah atau Dikamar

Malam minggu merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian anak muda khususnya yang telah mempunyai pasangan. namun bagi yang jomblo hari seperti itu merupakan hari yang membosankan bahkan seorang blogger pun pasti pernah merasa bosen sama yang namanya jomblo, malem minggu yang Cuma bisa ngedekem aja dirumah atau dikamar sambil didepan PC atau Lepi. Bener Kan ?

Tapi Tenang Bro or Sist, Jomblo juga ada Sisi Positifnya keles. Nih Sisi Positifnya :

Efek Positif

- Tidak Ada Yang Membatasi Kita

Biasanya orang yang mempunyai pacar selalu dibatasi gerak-geriknya oleh pasangannya. tetapi bagi orang jomblo, semua yang mereka lakukan tidak ada yang menghalangi mulai dari lirik-lirik cewe atau cowo yang keren. gombal-gombalin cewek, smsan dengan orang lain dan lain-lain.


- Tak Ada Yang Membebani

Biasanya seorang pacar itu khususnya pasangan wanita selalu ingin dimanja dan diutamakan, namun apabila kita sedang asyik berkumpul-kumpul dengan teman-teman kita dan kemudian pacar kita menelfon dan ingin dijemput atau jalan-jalan bukankah itu membebani kita. kalau kita jomblo kan tidak ada yang membebani, hidup happy selalu.


- Hidup Makin Hemat

Pernahkah anda membayangkan kalao anda jomblo otomatis hidup anda akan mejadi lebih hemat? kalau tidak percaya coba saja buktikan. kalau anda sudah membuktikannya maka anda akan mulai membuat selogan sendiri yaitu " Jomblo Pangkal Hemat "


30. Kurang Cemilan Dan Kopi Serta Musik

Cemilan, Kopi, Musik merupakan teman kita para Blogger yang selalu menemani saat lagi mutek-muter otak dan mencari inspirasi untuk membuat artikel baru yang mau diposting. Coba kamu fikirkan atau bahayangin deh bagaimana kalo kita lagi mau bikin artikel untuk blog kita tapi Cemilan, Kopi, Musik enggak ada sama sekali ! Apa coba efeknya ? kurang fokus kan apalagi lagi kalo ngantuk ! pasti kamu butuh kopi bro and sist. Saya sendiri kalo mau bikin artikel pasti dah keluar rumah dulu buat nyari cemilan yang murah-murah tapi enak nan gurih (kalo mahal tapi rasanya  enggak enak buat apa )? Kopi dan Musik mah selalu ready dirumah. Musik Box, Radio selalu ready. Nah, Kalo kamu enggak mau terjadi kurang fokus makanya Sediain Cemilan, Kopi, Musik sebelum bikin artikel. Oke ?

Huhh capek juga ya baca artikel ini yang isinya menurut saya sangat bermanfaat dan menurut kamu Bagaimana ? kalo kamu mau tau berapa jumlah kata dari Artikel ini adalah 4896 Kata. Percaya Gak ? Cek aja di Microsoft Word.

Okelah sip, itulah Artikel 30 Hal Kesalahan Fatal Terbesar Para Blogger Indonesia Pengguna Blogspot. Mungkin atau barangkali dari 30 ini menurut kamu belum tepat sasaran, kalo memang bener ya saya mohon maaf dah karena manusia enggak ada yang sempurna dan Sempurna hanya milik Allah SWT. Jika kamu punya Beberapa Kesalahan Fatal lainnya yang belum ada di 30 Hal Diatas, Silahkan kamu tambahkan dikolom komentar ya biar saya bisa mengoreksi atau menambahkannya lagi di artikel lainnya serta menjauhi hal fatal tersebut Last Word, Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar