Selasa, 20 Desember 2016

BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

  4 komentar
Kontes Adu SEO - Blogger Indonesia: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya – Bismillahh Dengan segala kerendahan hati dan ketulusan hati maka dengan ini Update kali ini Saya membahas Tentang Konten Kontes Adu SEO Dengan Tema "BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya". Saya sangat berterima kasih kepada Admin Grup Facebook Blogger Indonesia™ karena telah mengadakan sebuah Kontes Adu SEO sebagai ajang pembelajaran, persahabatan dan silaturahmi antar Blogger Indonesia Sekaligus Melatih Kemampuan SEO dari Blog para peserta. Oke Kita kembali lagi ke Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya, Jika kita melihat judul dari artikel ini maka saya ingat dengan Pesan atau Sabda yang di Cetuskan Oleh Nabi Muhammad SAW dan Syadian Ali. RA.

Muhammad SAW, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Bersabda:


قيدوا العلم بالكتابة

Yang Artinya Adalah “Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan” (Silsilah Ahadits Ash Shahihah No. 2026).

Sayyidina Ali RA Berkata:

“Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya, Dan Pernyataan Imam Syafii Bahwa Bodohlah Orang Yang Memburu Kijang Liar Di Hutan, Mendapatkan Tapi Tidak Mengikatnya. Begitulah Ilmu Bila Tidak Ditulis."

Dari 2 Sabda atau Pesan Diatas yang Dicetuskan oleh Nabi Muhammad SAW dan Syadian Ali RA dapat saya Pahami lebih dalam bahwa Ilmu haruslah Semangat untuk melakukan hal yang sangat bermanfaat untuk dirinya sediri bahkan untuk orang lain dengan cara Terus, Terus, dan Terus Mengingat, Menghafal dan Menuliskan Ilmu Yang Dimiliki dengan kata lain adalah Ilmu Tidak akan Pernah Berguna jika tidak akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak berbagi kepada orang lain yang pada dasarnya adalah Ilmu merupakan sebuah Pengetahuan Yang Kita miliki dan diberikan oleh Allah Swt dan kita sebagai manusia wajib mengamalkannya dan membagi ilmu tersebut kepada orang lain karena dengan itu Ilmu yang dibagikan kepada orang lain akan berdampak sangat bermanfaat bahkan Kita akan mendapat balasan berupa Keindahan dan Kebahagiaan Di Akhirat kelak.

Kemudian Saya juga ingat dengan Sebuah Pesan yang dikatakan oleh Syaikh Muhammad Bin Shalih Al ‘Utsaimin Rahimahullah. Beliau pernah berkata sepert berikut:

“Seorang Penuntut Ilmu Harus Semangat Dalam Mengingat-Ingat Dan Menghafalkan Apa Yang Telah Ia Pelajari, Baik Dengan Hafalan Di Dalam Dada Ataupun Dengan Menuliskannya. Sesungguhnya Manusia Adalah Tempatnya Lupa, Maka Jika Dia Tidak Bersemangat Untuk Mengulang Dan Mereview Pelajaran Yang Telah Didapatkan, Maka Ilmu Yang Telah Diraih Bisa Hilang Sia-Sia Atau Dia Lupakan” (Kitaabul ‘Ilmi Hal. 62).

ILMU ADALAH SEBUAH BURUAN


العلم صيد و الكتابة قيده …. قيد صيودك بالحبال الواثقة
فمن الحماقة أن تصيد غزالة …. و تتركها بين الخلائق طالقة

“Ilmu Adalah Buruan, Sedangkan Tulisan Adalah Pengikat, Maka Ikatlah Buruanmu Dengan Tali Yang Kuat, Adalah Sebuah Kebodohan Jika Engkau Berburu Kijang, Lalu Kau Biarkan Dia Lepas Pergi Dengan Hewan Lainnya.”

Dari semua Pesan yang dikatakan diatas, Hati Saya sangat tersentuh dan menangis serta ingin terus berbagi Ilmu atau Ilmu Pengetahuan Yang saya miliki kepada orang lain agar ilmu pengetahuan yang saya miliki tidak akan pernah berhenti pada diri saya sendiri Maka Akan saya Ikat Dengan Kuat Ilmu Dengan Cara Menuliskannya pada Blog yang sederhanya ini dan semoga bermanfaat untuk semua para pembaca Artikel di Blog ini.

Baca Juga : 7 Langkah Ampuh Membuat Konten Berkualias SEO Friendly Terbaru

Yuk Kita Mengenal Lebih dalam tentang Ilmu Ataupun Ilmu Pengetahuan.

BLOGGER INDONESIA: IKATLAH ILMU DENGAN MENULISKANNYA

Kontes Adu SEO - Blogger Indonesia: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya
Kontes Adu SEO Blogger Indonesia - BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

Secara Umum, Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Ilmu bukan sekadar Pengetahuan (Knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan Teori-Teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berpikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari Epistemologi.
Jika Kita benar-benar ingin membagikan Ilmu yang kita miliki maka harus memenuhi Syarat-Syarat yang menurut saya sangat Efektif Dan Efisien agar ilmu pengetahuan tersebut sangat bermanfaat untuk orang lain. Berikut Syarat-Syaratnya.

SYARAT-SYARAT ILMU ATAU ILMU PENGETAHUAN

1. OBJEKTIF

Ilmu harus memiliki objek kajian yang terdiri dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun bentuknya dari dalam. Objeknya dapat bersifat ada, atau mungkin ada karena masih harus diuji keberadaannya. Dalam mengkaji objek, yang dicari adalah kebenaran, yakni persesuaian antara tahu dengan objek, sehingga disebut kebenaran objektif; bukan subjektif berdasarkan subjek peneliti atau subjek penunjang penelitian.

2. METODIS

adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran. Konsekuensinya, harus ada cara tertentu untuk menjamin kepastian kebenaran. Metodis berasal dari bahasa Yunani “Metodos” yang berarti: cara, jalan. Secara umum metodis berarti metode tertentu yang digunakan dan umumnya merujuk pada metode ilmiah.

3. SISTEMATIS

Dalam perjalanannya mencoba mengetahui dan menjelaskan suatu objek, ilmu harus terurai dan terumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , dan mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya. Pengetahuan yang tersusun secara sistematis dalam rangkaian sebab akibat merupakan syarat ilmu yang ketiga.

4. UNIVERSAL

Kebenaran yang hendak dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (tidak bersifat tertentu). Contoh: semua segitiga bersudut 180º. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat. Belakangan ilmu-ilmu sosial menyadari kadar ke-umum-an (universal) yang dikandungnya berbeda dengan ilmu-ilmu alam mengingat objeknya adalah tindakan manusia. Karena itu untuk mencapai tingkat universalitas dalam ilmu-ilmu sosial, harus tersedia konteks dan tertentu pula.

Nah itulah Syarat-syarat Ilmu Pengetahuan yang Harus dipenuhi jika kita ingin membagikannya kepada orang lain.

Bagaimana Cara Terbaik Untuk Mengikat Ilmu Agar Kita Semakin Hafal Dan Menguasainya ?

Pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang menurut saya mudah untuk dijawab. Begini, Ilmu sebuah Hal yang berada didalam hati dan pikiran yang tersimpan pada otak manusia. Manusia pasti memiliki sifat Lupa akan hal yang pernah dipelajari dalam waktu singkat bahkan membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk Bisa Menghafalnya dan Menguasainya, Sesuai dengan Judul Artikel ini “Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya” Dari judul tersebut jika Kita memahami maka Kita sudah bisa menebak apa yang harus dilakukan untuk Menghafal dan Menguasainya. Dengan cara Menulis, Menulis, Dan Menulis serta Terus Membaca maka Ilmu Atau Ilmu Pengetahuan yang kita miliki akan dengan mudah dan tanpa memerlukan waktu yang panjang untuk Menghafal dan Menguasainya.

Lupa dan Tips Agar Tidak Mudah Lupa & Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

Kembali dengan Kata “LUPA” yang sudah saya katakan, Sebenarnya banyak sekali cara Untuk Mengikat Ilmu Pengetahuan yang anda miliki agar Ilmu Pengetahuan bisa Kita Kuasai dengan Mudah dan salah satu cara yang mudah adalah Menuliskannya dalam Buku Catatan, Blog, Smartphone, Laptop. Kenapa saya katakan seperti itu ? Ya karena jika kita mengiringi Zaman Sekarang ini sudah semakin canggih dan sangat mudah untuk digunakan oleh semua orang dari Kalangan Anak Kecil hingga Orang Tua yang sudah sepuh pun bisa menggunakannya dengan mudah. Namun saya memiliki Beberapa Tips yang akan membantu anda untuk Lebih Mudah Mengikat Ilmu, Menghafalkannya, Dan Menguasainya.

TIPS MENGIKAT (MENGINGAT), MENGHAFALKAN DAN MENGUASAI ILMU


Lupa dan Tips Agar Tidak Mudah Lupa & Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

1. TULIS DENGAN BENAR

Begitu banyak contoh pelajaran yang udah sering diajarin sama bapak atau ibu guru disekolah dan dosen dikampus kalian, hal itu tentu akan membuat kita lebih banyak untuk menghafal dan mengingat-ingat lagi kan ? Nah agar kita kagak sering lupa, maka lebih baik kalo materi pelajaran yang udah disampaikan bapak atau ibu guru disekolah dan dosen dikampus kalian makanya langsung Tulis atau Catet Yang Bener di buku kek, laptop kek, smartphone kek atau apa ajalah yang penting bisa buat dijadiin tempat catetan itu materi. Oke ? Siippp dahh.

2. GAMBAR DENGAN KREATIF

Pasti ada orang-orang tertentu yang lebih mudah untuk membaca gambar daripada harus melototin tulisan berjam-jam. Nah, cara ini juga bisa membantu dan memudahkan kita untuk inget lagi serta memudahkan pemahaman kita sama itu gambar atau tulisan. Coba Deh praktekin sana dirumah atau dimana aja lah yang menurut lu tempatnya sejuk buat dijadiin tempat belajar mengingat dan memahami.
 

3. SIMPAN PADA TEMPATNYA

Nah yang ini biasanya terkain (terkait somplak bukan terkain !!) dengan rang-barang yang kita punya, pasti kita kagak mau repot pada saat kita butuh persiapan misalnya nih ujian. Semua buku yang kita pelajari ternyata kagak ada ditempatnya, nah tuh kan pasti bikin timbul masalah baru kan ? contoh lain yaitu smartphone pasti kalian sering teledor asal lempar wkwk ? sama Saya juga hahaha. Nah, kalau kita sudah terbiasa menempatkan sesuatu pada tempatnya tentu saja kita tak perlu repol mencari-cari lagi.

4. BADAN YANG SEHAT

Dengan makan-makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan pastinya olahraga musti teratur. Semua ini penting untuk menambah daya ingat kita agar kita dapat terus konsentrasi dan senantiasa waspada akan hal-hal yang akan terjadi pada kita.

5. MEMBUAT REKAMAN

Kadang kita harus mengingat banyak hal tetapi susah bagi kita untuk menulisnya, atau sulit kalau kita menghafal dalam satu kali membaca, maka hal praktis yang dapat kita lakukan adalah dengan rekaman, karena sekarang sudah ada tape recorder kecil yang bisa kita bawa kemanapun, dan kalau kita butuh kita akan mudah untuk mendengarkannya.

6. PERCAYA DIRI

Tanamkan pada diri kita bahwa kita bisa, maka hal ini akan menimbulkan keyakinan kita bahwa kita bisa, namun apabila kita sudah pesimis dan terus-terusan berperasaan kalau kita mudah lupa, maka lama kelamaan akan tertanam dalam diri kita dan akan berubah menjadi keyakinan yang melekat dalam diri kita.

7. GUNAKAN STICKY NOTE ATAU LAINNYA

Kertas notes kecil dengan lem akan sangat berjasa bagi kita untuk memudahkan kita mengingat, misalnya saja kita akan menghafalkan rumus-rumus matematika, maka kita bisa menulis rumus tersebut dalam kertas notes dan menempelkan ditempat-tempat yang mudah kita jangkau maka lama-lama kita akan hafal karena hampir setiapkita melihalnya.

8. PASANG ALARM

Dengan memasang alarm kita dapat menggunakannya untuk mengingatkan jadwaljadwal yang kita buat pada hari itu, misalnya jam 15.00 kita punya jadwal untuk pergi les privat, kuliah, kerja, makan, minum, sekolah, ngoding, ngedesign dan masih banyak lagi dah, maka dengan memasang alarm tersebut kita dapat menyiapkan diri dan kemungkinan lupa akan lebih sedikit karena alarm itu secara tidak langsung telah mengingatkan kita.

9. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Hal lain yang bisa mengembalikan kemampuan kita mengingat adalah dengan minum banyak-banyak air putih. Dengan air putih, kita bisa membuat otak kita bekerja jauh lebih baik.

10. LAKUKAN SENAM OTAK

Yang paling berpengaruh dalam pengutilisasian ingatan tentu saja adalah otak, dan untuk meremajakan otak, kita harus sering melatih otak kita. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengingat puisi-puisi yang kita baca saat kecil, hingga mengingat lagu-lagu lama yang kita kenal.

11. COBA MINTA BANTUAN ORANG LAIN

Kalian dapat meminta bantuan orang lain untuk mengingatkan jika saja kalian melupakan sesuatu. Mintalah adik, suami/istri, teman, pacar, sahabat, camer atau orangtua kalian untuk mengingatkan satu hal yang penting. Dengan begitu, mereka akan selalu mengingatkan kalian apakah hal tersebut sudah kalian lakukan atau belum.

12. SIAPKAN SEMUA YANG DIBUTUHKAN DENGAN BAIK

Orang yang sering lupa dianjurkan untuk selalu membuat persiapan dengan baik sebelum melakukan segalah hal. Terutama bagi kalian para pekerja dan pelajar yang hendak pergi ke kantor, pergi berlibur, atau berpergian jauh. Persiapan yang baik tentu akan sangat membantu kalian, bayangkan ketika kalian berpergian jauh dan sesampainya di tempat tujuan kalian baru menyadari jika Anda ketinggalan sesuatu, untuk kembali kerumah sudah tidak memungkinkan karena jarak yang ditempuh begitu jauh. Hal seperti ini tentunya akan sangat merugikan kalian. Untuk itu, buatlah persiapan dengan baik.

13. MENGASAH OTAK

Melakukan permainan asah otak. Permainan asah otak yang dimaksud yaitu mengisi teka-teki silang yang bisa anda dapatkan di toko buku atau surat kabar atau koran.

14. LAKUKAN PERCAKAPAN   

Salah satu cara terbaik untuk menghafal dengan cepat adalah membicarakan hal yang ingin Anda tetap simpan di otak dengan orang lain. Ketika Anda berbicara tentang sesuatu dengan orang lain, otak secara otomatis mulai menghubungkan sesuatu yang Anda ingin ingat. Hal ini membantu dalam menjaga informasi di dalam otak untuk djangka waktu yang lama.

15. KONSENTRASI DAN TETAP FOKUS

Meningkatkan konsentrasi membantu dalam menghafal lebih baik. Setiap hari, selama sepuluh menit, cobalah untuk mengingat apa yang telah Anda pelajari di kelas atau beberapa pekerjaan yang Anda lakukan di kantor. Cobalah untuk mengingat setiap detail mengenai hal itu. Ketika Anda mengingat peristiwa masa lalu sehari - hari, Anda harus benar - benar berkonsentrasi dan fokus, dan ini akan membantu meningkatkan memori Anda.

KESIMPULAN

Itulah segelintir penjelasan atau kelengkapan dari sebuah kalimat BLOGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya yang menurut saya sebenarnya sudah banyak yang mengetahui namun namanya juga manusia pastikan mempunyai sifat atau kepribadian yang suka lupa akan Ilmu yang harus selalu diberikan kepada orang lain agar Ilmu yang dimiliki akan semakin bermanfaat dan berguna untuk banyak orang diluar sana dan Dari 15 Tips diatas yang telah saya jelaskan maka dapat kita simpulkan bahwa Mengikat Ilmu sangat banyak caranya dari yang namanya Menulis hingga Konsentrasi Dan Fokus terhadap 1 Tujuan yang anda inginkan. Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya merupakan 1 hal yang terbaik yang dapat anda lakukan guna Menghafal Ilmu Atau Ilmu Pengetahuan Secara Maksimal, Efektif, dan Efesien. Karena Kenapa ? Karena Menulis adalah hal yang sangat mudah untuk anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang amat sangat bermanfaat untuk orang lain karena dengan anda mempunyai ketulusan hati dan kerendahan hati beserta Niat yang kuat untuk membagikan Ilmu atau Ilmu Pengetahuan yang anda miliki. Syukron..

DAFTAR PESERTA KONTES ADU SEO

TEMA " BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya " 


1. Mieft Aenzeish:
http://www.blogsastra.com/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

2. Nauval Sudarmanto:
http://www.majalahpena.com/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

3. Meong Miyuyu:
http://self-improvingblog.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

4. Ahmad Adha:
http://aktivispc.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

5. Asep Purnama Al-Khidmah:
http://motivasijoni.blogspot.co.id/2016/11/ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

6. Ahmad:
http://www.akhmadshare.com/2016/11/blogger-indonesia-ikat-ilmu-dengan-menulis.html

7. Isal:
https://bloggisall.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

8. Awal Ariansyah:
http://www.tanduranilmu.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

9. Fahrudin:
http://inspirasipagi22.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

10. Nanda Fransiska:
https://masterjahil.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

11. Daryl Farahi Kurniawan:
http://www.danifin.net/2016/11/ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

12. Muhammad Kahlil:
http://kamisken.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

13. Sebastian Fery Firdaus:
http://www.semuatentangpendidikan15.com/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

14. Yopie Gustiawan:
http://tutorial-hoax.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

15. Faisol Abrori:
http://surgablogging.blogspot.co.id/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

16. Iman Ridhwan Syah:
http://www.bacalagi.id/2016/12/kontes-adu-seo-blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

17. Aina Lhaborat:
http://noeylab.blogspot.com/2016/12/blogger-indonesiaikatlah-ilmu-dengan-menulisnya.html

18. Alexandro Meo L Gunawan:
http://makinrajin.blogspot.co.id/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

19. Fahmi Bastiar:
http://seosmile.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

20. Jihad Akbar Ramadhan:
https://informasi-akbar.blogspot.co.id/2016/11/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

21. Nata Widiastana:
http://www.pameranata.com/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

22. Inko Cahyadi:
http://www.cahyajati.tk/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan.html

23. Renaldi:
http://renseo.blogspot.com/2016/12/ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

24. Tino Negatha Wardhani:
http://perimping.id/ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya-blogger-indonesia-contest/

25. Rival Flasifa:
http://www.b38.web.id/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

26. Ernest
http://seongapusi.blogspot.com/2016/12/Ikatlah-Ilmu-Dengan-Menuliskannya.html

27. Asep Ramdan
http://www.bloggars.com/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

28. Alfian Nangili
http://anangili.web.id/2016/11/Lomba-Kontes-Adu-SEO-BLOGGER-INDONESIA-Ikatlah-Ilmu-Dengan-Menuliskannya.html

29. Sepindra Safrian
https://deferon.com/review/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya/

30. Tino Negatha Wardani
http://perimping.id/ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya-blogger-indonesia-contest/

31. Abdul Muis
http://kreatipku.blogspot.co.id/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

32. Septian
http://www.injekan88.com/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

33. Donny S
http://www.iblogger.id/2016/12/blogger-indonesia-ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

34. Musmulyadi
http://awaknyo.blogspot.co.id/2016/12/ikatlah-ilmu-dengan-menuliskannya.html

Hemm itulah Daftar Nama Peserta Kontes Adu SEO - BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya hingga saat ini yang telah Memposting Artikel Konten Terbaiknya. Semoga dengan adanya Kontes Adu SEO ini, para Blogger Indonesia semakin tahu, paham dan mengerti indahnya, bermanfaatnya, dan bergunanya dalam hal membagikan Ilmu Pengetahuan kepada semua orang agar Ilmu yang telah tertanam pada diri sendiri akan menjadi bertambah, bertambah, dan terus bertambah. Salam Blogger Indonesia.


REGARDS

Iman Ridhwan Syah

4 komentar :

  1. Moga sukses ya mas acaranya dan makin erat silahturahminya sesama Blogger Indonesia..amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas..
      amin ya allah..

      Hapus